Dengan mengacu kepada Visi dan Misi Kabupaten Cirebon, maka Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga memiliki Visi sebagai berikut:

VISI DISBUDPARPORA 2014-2019

 TERWUJUDNYA PELESTARIAN DAN PENGEMBANGAN KEBUDAYAAN, DAYA SAING KEPARIWISATAAN, KEMANDIRIAN  PEMUDA, DAN PRESTASI OLAHRAGA  MENUJU  MASYARAKAT KABUPATEN CIREBON

YANG SEJAHTERA

Makna yang terkandung di dalam Visi di atas adalah sebagai berikut:

  1. Pelestarian Seni Budaya, dimaksudkan adalah upaya untuk mempertahankan keajegan sistem nilai dan sistem simbol seni budaya Cirebon sebagai basis penguatan identitas dan kekayaan keragamana ekspresi seni budaya.

  2. Pengembangan seni budaya, dimaksudkan sebagai upaya kreatif untuk mengolah kekayaan dan keragaman budaya Cirebon yang mampu beradaptasi menjawab tuntutan dan tantangan zaman serta kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

  3. Kemandirian pemuda, dipahami sebagai sebuah konstruk figur pemuda yang memiliki kesanggupan untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam berbagai pembangunan dengan melalui penyadaran, pemberdayaan, pengembangan kepemimpinan, kepeloporan, kepedulian dan kesukarelaan, dan penguatan organisasi kepemudaan;

  4. Prestasi olahraga, dipandang sebagai sebuah puncak aktualisasi dan representasi dari kualitas pembinaan olahraga yang mengutamakan sportivitas dan menyehatkan;

  5. Kesejahtreraan, suatu kondisi masyarakat yang terpenuhi kebutuhan pokok/dasar, termasuk di dalamnya kebutuhan estetis, rekreatif, dan beraktualisasi diri secara lahir dan batin dalam berbagai aspek dan memiliki rasa aman, damai, dan tenteram.

Guna mencapai Visi 2014-1019 di atas, maka Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga membuat Misi sebagai berikut:

MISI DISBUDPARPORA 2014-2019

1.      Melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Cirebon;

2.      Meningkatkan kepariwisataan berbasis keunggulan lokal;

3.      Meningkatkan peran aktif pemuda;

4.      Meningkatkan pembinaan olahraga.

Penjabaran setiap Misi Disbudparpora tahun 2014-2019 selanjutnya adalah sebagai berikut:

Misi ke -1 :

Melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Cirebon

Ditujukan untuk: (1) Meningkatkan kualitas perlindungan, kesenian, adat, dan cagar budaya Cirebon; (2) meningkatnya pengelolaan pelestarian dan pengembangan seni budaya dan kearifan local ;(3) Meningkatkan kreativitas seniman Cirebon;

Misi ke -2 :

Meningkatkan kepariwisataan berbasis keunggulan lokal

Ditujukan untuk: (1) Meningkatkan promosi kepariwisataan;  (2) Meningkatkan obyek dan daya tarik wisata; (3) Meningkatkan kerja sama dan kemitraan kelembagaan.

Misi ke -3 :

Meningkatkan peran aktif pemuda

Ditujukan untuk : (1) Meningkatkan kepemimpinan pemuda; (2) Meningkatkan keterampilan pemuda; dan (3) Meningkatkan wawasan pemuda tentang bahaya Napza.

Misi ke -4 :

Meningkatkan pembinaan olahraga

Ditujukan untuk : (1) Meningkatkan perencanaan pembinaan olahraga; (2) Meningkatkan diklat olahraga berprestasi; dan (3) Meningkatkan sarana dan prasarana Olahraga.